----------
Rio begitu bersemangat menulis sebuah artikel, tapi segera setelah beliau mau menulis... Rio galau dengan pertanyaan yang muncul dalam pikirannya, "Apa judul artikel untuk topik ini yang memastikan pembaca sulit mengabaikannya?" Apakah Anda pernah mengalami itu?
Dan ini yang lebih menyenangkan (jika pilihan Anda bukan frustrasi)...
Bagaimana Anda memulai paragraf pertama?
Menulis memang proses mengeluarkan isi pikiran tapi dikala goresan pena Anda berhadapan dengan pembaca...hal itu tidak cukup!
Pengunjung mendarat di blog dengan pikirannya yang sibuk dan merebut atensi mereka yaitu misi yang mutlak perlu ada dalam artikel Anda (selain info yang ingin dibagikan).
Untuk itu artikel perlu sentuhan copywriting!
Copywriting yaitu cara menjual lewat kata-kata yang persuasif.
Mari mulai dengan judul artikel (dengan pendekatan copywriting)...
Anda ingin menulis artikel wacana "Ide Bisnis Online" dan kalau Anda membiarkan judul itu polos ibarat itu...ada terlalu banyak judul yang sama bertebaran di internet...bagaimana cara memastikan bahwa judul artikel Anda menerima atensi pembaca?
Gunakan 3 swipe file ini:
SWIPE 1: [Angka] Judul [Tak Seorangpun yang Tahu]
Contoh: 3 Ide Bisnis Online yang Tak Seorangpun yang Tahu
SWIPE 2: [Siapa Lagi] Judul [?]
Contoh: Siapa Lagi yang Mau Ide Bisnis Online Ini?
SWIPE 3: [Akhirnya] Judul [Waktu!]
Contoh: Akhirnya, Ide Bisnis Online yang Bisa Anda Kerjakan, Sekarang!
Masalah terpecahkan!
Tapi tunggu!
Ada satu kendala kecil lagi...
Bagaimana menulis sebuah paragraf pembuka sehingga pembaca sulit untuk tidak melanjutkan membaca artikel Anda?
Gunakan story!
Setiap orang telah terlatih dengan baik mendengarkan cerita...saya percaya Andapun ibarat itu!
Kita sudah mendengarkan dongeng sejak kecil, Anda menyukainya sampai tertidur lelap ibarat impian orang bau tanah Anda dikala membacakan dongeng sebelum tidur :)
Dan itu alasan Anda perlu mulai artikel dengan sebuah dongeng (tapi dengan impian yang berbeda - yaitu membuat Anda melanjutkan membaca, bukan tidur)
Anda tidak harus menulis script ibarat penulis naskah film Hollywood melakukannya.
Anda amati bagaimana saya menulis paragraf pertama saya dalam artikel ini, itu sebuah story!
Caranya?
Simple!
Anda tinggal membuat sebuah tokoh fiktif lalu kaitkan tokoh itu berada dalam kondisi sesuai topik yang ingin Anda angkat dalam artikel Anda!
Cerita membantu menunjukkan "hiburan kecil" untuk pembaca Anda dan ibarat Dan Kennedy katakan...
“Jika Anda tidak memiliki sesuatu yang menarik untuk dikatakan, jangan habiskan waktu mengatakannya!”
Kutipan itu bukan untuk menakuti Anda, mencegah Anda mulai menulis, tapi membantu Anda menerima hasil simpulan terbaik dari kualitas goresan pena Anda sehingga cantik disajikan untuk pembaca.
Dapat saya simpulkan, sebuah artikel harus bisa menjawab "Apa yang pembaca ingin dapatkan". Mulailah dengan menulis judul menggunakan sebuah pertanyaan, dan menyisipkan dongeng singkat dalam paragraf pembuka akan membantu menunjukkan artikel Anda nyawa... Saya yakin pembaca akan menikmati artikel Anda.
Mau tips lebih lanjut untuk mempertajam goresan pena Anda dan membebaskannya dari kata..."Boooriiingg...."? Kunjungi www.copywriting-anas.com/blog

Anas yaitu seorang copywriter dan blogger yang fokus dengan topik menulis artikel yang persuasif. Dia juga aktif menulis artikel tips dan trik menulis menggunakan teknik copywriting di