Strategi Meningkatkan Traffic Blog & Penjualan dengan Facebook

SEO blog/web di mata search engine. Pertanyaannya, apakah traffic besar hanya mampu didapat dari search engine? Jawaban lantangnya: Tentu Tidak! (dengan accent bicara gaya Cinta Laura). 

Demikian halnya dengan marketing atau pemasaran produk secara online. Prospek cerah muncul ketika banyak traffic masuk ke web/blog/landing page. Pertanyaan yang sama, apakah traffic serta jumlah transaksi penjualan tersebut hanya didapat dari search engine (baca: Google)? Jawabannya sama juga: Tentu Tidak! (kali ini dengan gaya-nya Sule).

Ada banyak cara untuk menerima traffic. Dalam dunia blog dikenal istilah blogwalking, traffic exchange, buy-sell traffic, dan masih banyak lagi. Melalui cara natural, traffic juga mampu didapat apabila pengunjung menyukai blog/web dan kemudian melaksanakan bookmark atau melaksanakan kunjungan secara eksklusif tanpa media perantara, dikenal dengan enthusiast visitors. Ada cara lain lagi? Ya, jawabannya yakni social media! Social media telah menjadi jawaban penting bagi dunia online marketing. Ada ratusan bahkan ribuan social media yang siap untuk menjadi senjata traffic. Yang paling popular yakni Facebook dan Twitter. Kali ini kita akan berfokus pada taktik dan optimalisasi Facebook sebagai media penjemput traffic blog/webdan penjualan/marketing.

Perlengkapan/Peralatan Facebook Sebagai alat Publikasi Blog/Web

Ada banyak tools Facebook yang dapat eksklusif kita gunakan. Point utama dari tool/peralatan yang akan disampaikan di bawah ini yakni yang gratis, alasannya yakni "Gratis" hingga dikala ini masih harus menjadi "keyword utama" selagi masih ada caranya. Setidaknya, ada empat tool utama untuk melaksanakan publikasi dan meningkatkan popularitas serta traffic web/blog.

Facebook Page, atau yang dulunya dikenal sebagai Facebook Fan Page, merupakan halaman Facebook khusus yang berfungsi untuk meng-cover dan menampilkan halaman public dengan tema tertentu. Setiap orang dapat membuat facebook page apapun kebutuhannya. Pada perkembangannya, Facebook page kemudian digunakan sebagai alat publikasi bagi organisasi profit maupun non profit serta bagi web/blog. Facebook page dapat menjadi pintu gerbang bagi pengenalan produk atau konten yang kemudian mengarahkan pengunjung menuju sumber utamanya, yaitu blog/web. Pengunjung/pengguna Facebook secara otomatis dapat mengakses beberapa bab halaman Facebook page dan mendapat update informasinya setelah beliau melaksanakan "like" page tersebut.

Likebox berperan penting untuk meningkatkan jumlah likers pada Facebook Page. Memasang Facebook like box di halaman blog/web menunjukkan kesempatan bagi pengunjung untuk me-"like" blog anda melalui Facebook Page.

Membagi link posting blog ke Facebook merupakan cara untuk menarik minat pengguna Facebook. Kesempatan untuk menerima traffic ke blog pun bertambah. Akan tetapi, kalau dilakukan secara manual, cara ini akan banyak menguras waktu dan fokus. Untungnya ada banyak tool yang dapat digunakan untuk menerbitkan gosip artikel ke Facebook secara otomatis setelah artikel/posting blog dibuat. Salah satunya yakni auto publish artikel ke Facebook dengan RSSGraffiti.

Berbeda dengan like box, tool yang satu ini dapat digunakan secara independen tanpa harus mempunyai Facebook Page. Fungsi dari Facebook like ini yakni untuk menunjukkan kesukaan pengunjung terhadap konten suatu halaman blog/web. Setelah melaksanakan like, secara otomatis akan muncul posting gres di wall Facebook si pengunjung yang menginformasikan bahwa beliau menyukai suatu halaman blog/web tertentu. Pasang Facebook Like Plugin di setiap halaman web/blog untuk memperlengkap perjuangan peningkatan tarffic Blog melalui Facebook.

1. Isi Facebook page dengan gosip singkat mengenai produk atau web/blog anda. Jangan terlalu berbelit dan berlebihan serta jangan tuangkan semua isi blog/webke Facebook Page. Fokuskan pada informasi-informasi awal dan buat pengunjung balasannya tertarik untuk mengunjungi web/blog.

2. Manfaatkan Facebook Page hanya sebagai sarana update dan publikasi serta wadah interaksi kecil dengan likers/pengguna Facebook. Segala bentuk hal yang berbau transaksional sebaiknya dilakukan di tujuan akhirnya, yaitu di web/blog atau landing page. Ini bertujuan untuk memusatkan segala bentuk transaksi hanya di satu muara saja. Keuntungannya, pengunjung dapat melihat hal lain di blog/web yang tidak ditemui di Facebook Page dan membuka kesempatan untuk melihat halaman lain, otomatis traffic dan pageview pun meningkat.

3. Memperbanyak likers/pengguna facebook yang melaksanakan "like" baik pada Facebook Page, Like Box, ataupun Facebook Like merupakan cara untuk meningkatkan traffic. Ada banyak penawaran berbayar yang dapat menghandle kebutuhan ini, misalnya melalui Facebook Adverts, atau layanan lainnya.. Namun, kalau ingin gratisan, saya sarankan untuk mendapatkannya secara natural. Produk/konten yang menarik minat akan memancing pengguna Facebook untuk menyumbang "like". Efek yang didapat mungkin tidak eksklusif dari sahabat anda. Facebook like bersifat viral sehingga teman-teman anda yang melaksanakan like akan memunculkan gosip wacana kegiatan tersebut secara otomatis di wall mereka dan seterusnya. Gunakan suggestion, message, chat, comment, status untuk mempromosikan Facebook Page. Cara ini mungkin kurang elegan, namun sah-sah saja.

4. Dalam menggunakan Auto Publish Tool, lakukan setting untuk menentukan jarak munculnya posting di Facebook. Hendaknya jarak waktu tidak terlalu erat dengan publikasi artikel di blog. Beri jeda paling tidak 30 menit setelah artikel/posting terbuat. Ini sangat memiliki kegunaan apabila anda harus mengedit kembali artikel/posting blog apabila ditemui kesalahan. Kualitas posting terjaga dan pengunjung pun suka.

5. Set auto publish ke banyak sekali jenis halaman Facebook, baik ke Wall Facebook anda, Facebook Page, dan Group. Ini untuk mengoptimalkan visibilitas posting blog oleh banyak sekali pengguna Facebook.
    6. Optimalkan dan terus lakukan upaya publikasi blog/web anda melalui Facebook Tools tersebut. Jangan segan untuk melaksanakan checking secara terencana dan melihat perkembangan traffic dan impression pada Facebook Page maupun tool yang lain.

    Good Luck!
    mencuri yakni pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

    Subscribe to receive free email updates: