Tips Membuat Artikel Blog Yang Tahan Lama dan Ga Gampang Loyo

Membuat artikel blog
Seringkali ditemui kondisi bahwa beberapa artikel tidak lagi terjamah oleh pengunjung kita, padahal pada dikala setelah diposting, artikel tersebut sempat memiliki "booming" yang dahsyat. Faktor-faktornya antara lain yakni artikel tersebut sudah masuk masa kadaluarsa, yaitu kondisi dimana topik pada artikel tersebut tidak lagi memiliki nilai informasi sebab sudah banyak orang yang mengetahui dan tidak menjadi "rahasia" lagi.

Bagaikan Mata Air Yang Mengalir Tiada Henti

Nah bagaimana ciri suatu artikel yang ga gampang kadaluarsa itu? Artikel semacam ini mampu diumpakan sebagai mata air yang airnya gak habis-habis. Artinya, artikel tersebut tetap memiliki nilai ketika dikaitkan dengan kondisi apapun dan kapanpun juga. Sehingga, banyak orang yang membutuhkan dan kadang kembali untuk membaca ulang.

Lalu Bagaimana Biar Airnya Mengalir Terus?

Jika anda ingin membuat artikel yang semacam itu, i've got some tips for you:

1. Tentukan, pikirkan, dan pastikan apakah topik dari artikel yang akan anda tulis merupakan topik yang tidak cepat lekang waktu. Artinya, kalau satu atau dua tahun lagi artikel itu dibaca, masih memiliki kesinambungan dengan kondisi yang ada dan tidak berseberangan.

Artikel yang rentan terhadap hal semacam ini yakni artikel berita. Pada suatu waktu, artikel jenis ini mampu menjadi santapan lezat, dengan ratusan hingga ribuan pembaca menyerbu. Namun, setelah tidak mempunyai nilai informasi lagi, ia tidak punya arti lagi. Sedangkan suatu artikel yang tidak aktual yakni artikel yang tidak menjawab atau memberi gambaran wacana permasalahan/fenomena yang terjadi di masa kini.

2. Pelajari terus kondisi sekitar, kira-kira fenomena, permasalahan, atau kebutuhan apa saja yang selalu muncul dan terus ada dan (kadang) tidak berakhir.

3. Variatif dalam memberikan suatu topik. Artikel tidak hanya mampu disampaikan sebagai suatu informasi objektif, tapi juga mampu memuat opini, kritik, saran, polling, dan lain-lain. Bisa jadi apa yang anda bicarakan yakni sebagai suatu topik informasi atau fenomena yang sudah lama, namun ambil sudut pandang tertentu, misalnya opini,kritik, saran, atau polling anda terhadap berita/fenomena tersebut. Bentuk artikel menyerupai ini biasanya mampu bertahan lama

4. Jaga originalitas artikel anda. Originalitas disini menyangkut dua hal. Yang pertama yakni karya asli seringkali lebih memiliki nilai yang tinggi, sebab memiliki ciri khas yang tak dimiliki oleh yang lain. Nah yang kedua, untuk menjaga originalitas itu, hendaknya anda menjaga konten anda dari penduplikasian. Mengapa? Karena kalau suatu konten artikel memiliki duplikat, posting anda akan jarang atau bahkan tidak pernah dibaca lagi sebab blog lain telah memiliki artikel yang sama persis menyerupai milik anda. Terlebih lagi kalau blog anda kalah dalam pencarian di search engine, maka akan lebih sia-sia lagi.

5. Lakukan update sesegera mungkin apabila ada episode dari artikel yang tidak sesuai lagi dengan perkembangan. Misalnya anda membuat suatu review yang menyebutkan harga suatu barang. Lalu, dua bulan kemudian harga tersebut berubah, maka segeralah anda mengupdate informasinya. Tidak perlu menambah posting gres lagi untuk hal yang sama sebab justru ini tidak efektif. Mengapa tidak efektif? Salah satunya sebab search engine telah memiliki indeks posting anda yang lama, kalau anda membuat posting yang gres lagi, akan butuh waktu lagi untuk search engine meng-crawl entri posting baru.

Keep Posting!

Subscribe to receive free email updates: